Hadapi Lebaran, BPBD Pesisir Barat Siaga 24 Jam

0
64

timKRUI — Mengantisipasi peningkatan pengunjung ke lokasi wisata pantai jelang lebaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat telah menyiapkan satu unit perahu karet berkapasitas 25 PK. Guna memberikan pertolongan, jika terjadi kecelakaan di laut.

Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Barat Hasnul Abrar, menjelaskan kepada Lampost saat ditemui di kantor BPBD setempat, Senin (13/7/2015), mengatakan pihaknya mensiagakan petugas selama 24 jam penuh secara bergilir. “Mengantisipasi lebaran kami stand by, petugas kami siap. Kalau ada bencana kami siap, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya,” kata Abrar.

Abrar mengakui, peralatan dan fasilitas yang ada di BPBD Pesisir Barat terbilang minim, dan dalam penanganan bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang masih mengandalkan alat berat yang ada di Dinas Pekerjaan Umum (PU) atau Satker lain yang memiliki alat berat.

Demikian pula kalau terjadi musibah kebakaran, pihaknya hanya mengandalkan satu unit mobil pemadam kebakaran yang sudah tua. “Kondisinya kadang sehat kadang tidak,” ujar dia.

Namun mengenai pengawasan lokasi wisata pantai pihaknya bekerjasama dengan kepolisian dan dinas pariwisata, mengantisipasi , memantau mengawasi kondisi pengunjung dilokasi-lokasi wisata pantai yang ada.

“Kami sekarang memiliki dua kendaraan roda dua, satu perahu karet kapasitas 25 PK, yang berfungsi untuk menangani hal-hal yang darurat seperti kecelakaan laut warga tenggelam atau terseret arus dan lainnya. Namun kalau terjadi kebakaran hutan, cuaca ekstrim, kami belum bisa berbuat banyak dan yang perlu kami lakukan adal mwembuat laporan tentang itu,” kata Abrar.